Cara Membuat Iklan Plang Reklame dan Ketentuan Pajaknya
Sudah menjadi pengetahuan umum di dunia industri jika plang reklame sangat membantu peran promosi. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat iklan untuk media yang satu ini.
Di bawah ini akan dipaparkan tentang bagaimana cara pasang iklan untuk media reklame. Perlu diketahui, bahwa pemasangan media promosi ini akan kenai pajak dengan besaran tertentu. Jika Anda berminat, Anda harus memperhitungkan jumlah pajak iklan reklame yang harus dibayar nantinya.
Mengenal Plang Reklame untuk Iklan
Sebagai informasi, plang reklame adalah jenis media pemasaran dalam bentuk fisik yang biasanya dipasang di tempat umum. Tujuannya tak lain adalah untuk mengenalkan suatu brand kepada lingkungan sekitar yang melewatinya.
Papan reklame dikategorikan menjadi 2 macam:
Reklame komersial
Sesuai dengan namanya, papan reklame komersial ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Dimana iklan yang pasang pada papan ini adalah untuk menggaet masyarakat agar tertarik pada suatu produk atau layanan.
Dengan demikian, reklame komersial dipasang tentu dengan tujuan meraih keuntungan.
Reklame non komersial
Iklan yang dipasang pada papan ini tidak lebih banyak ditemui. Hal itu dikarenakan iklan pada reklame non komersial tidak berorientasi pada target keuntungan belaka.
Secara tujuan, isi dari iklan yang ditampilkan dalam bentuk non komersial sendiri biasanya berupa himbauan, informasi, dan lain sebagainya.
Baca juga: Panduan Cara Menghitung Biaya Pajak Reklame
Jenis-Jenis Reklame dan Karakteristiknya
Setiap plang reklame yang dikategorikan masing-masing memiliki beberapa jenis. Adapun jenis reklame yang dimaksud adalah sebagai berikut.
Spanduk
Media satu ini merupakan bentuk reklame yang singkat, padat, dan jelas. Biasanya spanduk dibuat dengan menggunakan bahan seperti kain, dan dipasang antara dua tiang di lokasi tertentu.
Brosur
Selanjutnya adalah jenis reklame yang tercetak dalam satu lembar kertas dengan informasi yang lebih rinci. Selain itu, media ini biasanya disebarkan langsung agar bisa dibaca dan dimengerti oleh audiens yang dituju.
Poster
Poster adalah iklan yang berbentuk kertas besar dengan gambar dan teks yang menarik. Umumnya poster biasa ditempatkan dengan cara ditempel pada area tertentu di tempat umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat.
Baliho
Baliho termasuk dalam reklame yang berukuran besar dan berisi gambar atau tulisan. Sebuah baliho ini dipasang di lokasi umum dengan menggunakan tiang besar yang kuat dan bersifat semi permanen.
Billboard
Tidak berbeda jauh dengan baliho, billboard juga berukuran besar serta berisi gambar atau tulisan lengkap dengan desain tertentu. Bedanya media satu ini dipasang di area seperti dinding toko atau bangunan tertentu dan sifat permanen.
Banner
Berikutnya adalah reklame yang hampir serupa dengan baliho dan billboard, meski dalam ukuran terbilang lebih kecil. Biasanya bannsr ditempatkan di dalam atau di depan ruangan/toko dengan dukungan penyangga atau tali pengikat.
Leaflet
Jenis reklame yang terakhir adalah media berbentuk lembaran kecil yang dilipat. Iklan di dalamnya memuat informasi yang lengkap dan lebih rinci. Leaflet bisa diletakkan di tempat yang mudah diambil, disebarluaskan, atau diberikan secara langsung kepada konsumen atau pembaca.
Cara Membuat Iklan di Plang Reklame
Ada beberapa cara bikin iklan yang bisa Anda terapkan ketika ingin memasarkan suatu produk atau layanan melalui plang reklame. Berikut tipsnya.
Tentukan ukuran dan bentuknya
Cara buat iklan yang pertama adalah diperlukannya pengukuran dimensi yang cocok untuk lokasi Anda. Dimensi ini mempengaruhi apa yang dapat Anda tampilkan dalam bentuk isi maupun gambar.
Ukuran yang tepat untuk iklan plang reklame adalah tidak terlalu kecil atau terlalu besar, melainkan presisi. Sebagai contoh, pengukuran plang dilakukan berdasarkan ketersediaan ruang dan kesesuaian di lokasi sekitar.
Bisa jadi ukuran akan lebih besar untuk reklame yang bertempat di jalan raya atau gedung bertingkat. Agar lebih unik dan menarik, cobalah desain iklan Anda tidak selalu dalam bentuk persegi, seperti bentuk menyerupai visualisasi produk Anda, dan sebagainya.
Pilih lokasi yang strategis
Cara membuat iklan di plang reklame selanjutnya yaitu dengan mempertimbangkan lokasi. Sebab, tidak semua lokasi yang ramai atau mobilitasnya tinggi cocok untuk menawarkan produk Anda.
Kenali dulu segmentasi pasar dari bisnis Anda. Kenali calon konsumen atau kalangan masyarakat yang membutuhkan produk Anda, baru kemudian menentukan lokasi mana yang tepat untuk dipasang iklan.
Desain background dan pewarnaan
Perlu diketahui, desain untuk eksterior sangat kental dengan nuansa sederhana. Tujuannya untuk mempermudah siapapun memahami isi dari pesan yang Anda sampaikan melalui iklan. Hal ini tak lain karena dipengaruhi oleh pencahayaan luar yang seringkali berubah.
Buatlah desain background yang sederhana serta warna yang kontras. Direkomendasikan pemilihan warna sesuai identitas dari brand Anda, agar audiens dapat mengingat karakteristik atau profil produk/layanan yang Anda tawarkan.
Pemilihan dan penggunaan font
Sangat disarankan pemilihan font khusus untuk branding bukan memakai font formal. Kesan harus lebih profesional dengan font yang unik, jelas dibaca, dan mempresentasikan produk bisnis.
Sebagai contoh, bisnis yang bergerak di bidang perlengkapan bayi & anak, tentu penggunaan font harus yang lucu. Contoh lain seperti shouvenir pernikahan, tentu lebih identik dengan font yang cenderung seperti huruf latin.
Perhatikan pula komposisi ketebalan, kemiringan, pewarnaan, jarak huruf, dan sebagainya.
Bahan materi yang diiklankan
Cara membuat iklan di plang reklame yang tidak boleh ditinggalkan adalah berkenaan dengan materi atau sesuatu yang disampaikan. Materi ini tentu lebih singkat dibanding jenis reklame lain seperti yang disebutkan di atas.
Sebuah iklan produk atau layanan biasanya tidak menjelaskan secara detail tentang definisinya, melainkan suatu informasi khusus berupa ajakan untuk melakukan tindakan tertentu.
Jangan lupa untuk menambahkan atribut tertentu, baik berupa produk layanan Anda atau atribut pendukung lainnya. Jika memungkinkan, tambahkan seorang model yang akan/pantas menggunakan produk layanan Anda.
Ketentuan Biaya Pajak Iklan Plang Reklame
Penggunaan plang reklame untuk iklan akan dikenai pajak berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011. Keberadaan beban iklan reklame dikenakan mengingat media ini memiliki banyak pertimbangan seperti faktor bahan, ukuran, jumlah, waktu penyelenggaraan juga lokasi penempatan yang terhubung dengan akses publik.
Ada tiga jenis wajib pajak yang dibebankan kepada pengguna jasa iklan plang reklame, yaitu:
Wajib pajak orang pribadi: ditujukan untuk perseorangan dengan materi iklan tentang profil individu. Contoh: pemilihan calon legislatif.
Wajib pajak badan: ditujukan untuk komunitas/kelompok seperti perusahaan dengan materi iklan berupa penawaran produk atau layanan jasa. Contoh: iklan operator seluler.
Wajib pajak pihak ketiga: ditujukan untuk pihak yang berkedudukan sebagai pihak ketiga dalam proses pemasangan iklan plang reklame.
Tarif umum pajak reklame adalah 25% dari dasar pengenaan pajak atau Nilai Sewa Reklame (NSR). Perhitungan ini bersifat relatif, sebab akan ada banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya biaya pajak.
Demikian cara membuat iklan di plang reklame beserta ketentuan perpajakannya. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat plang reklame atau media promosi lainnya, percayakanlah kepada Jagoan Billboard, perusahaan di bidang pembuatan reklame yang sudah berpengalaman lebih dari 25 tahun. Untuk info lanjut segera hubungi kami via WhatsApp melalui tombol yang tersedia di website ini. Anda juga bisa mengakses informasi lengkap tentang media promosi di laman resmi Jagoan Billboard.