Pengertian Reklame: Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya
Ketika berada di jalanan Anda tentu pernah melihat iklan yang di kemas dalam berbagai media promosi seperti spanduk, poster, brosur, papan nama, baliho dan lain sebagainya. Tahukah Anda itulah yang di sebut dengan reklame. Pengertian reklame merupakan salah satu bentuk media promosi yang isinya berupa tawaran, anjuran hingga propaganda.
Pengertian dari reklame merujuk pada cara paling mudah yang di gunakan dalam meningkatkan daya tarik pada produk maupun layanan. Untuk mengetahui lebih jelas apa sih pengertian reklame Anda bisa mempelajarinya pada artikel ini tentang pengertian reklame dan contohnya, tujuan, fungsi hingga jenis-jenisnya.
Apa yang Dimaksud dengan Reklame?
Jika di lihat dari sisi bahasa, ternyata arti reklame adalah suatu seruan yang bisa di lakukan secara berulang-ulang. Pengertian reklame ini di ambil dari bahasa Spanyol ialah reclamos.
Namun ternyata ada pendapat lain pengertian reklame adalah berasal dari bahasa Latin ialah re clamare atau di sebut juga re clamo. Re artinya kembali berulang-ulang sementara clamare atau clamo artinya berteriak. Berdasarkan sisi bahasa tersebut pengertian dari reklame adalah teriakan yang di lakukan berulang-ulang.
Secara umum kebanyakan perusahaan memang memakai reklame dengan tujuan memperkenalkan identitasnya secara luas. Yunisrul juga mengutip pengertian reklame dalam bukunya yang berjudul Pembelajaran Seni Rupa (2020) dan menunjukkan bahwa reklame sudah berkembang sejak zaman penjajahan pemerintahan kolonial Hindia Belanda.
Berdasarkan hal tersebut jika muncul pertanyaan jelaskan pengertian reklame atau apa saja fungsi-fungsi reklame, jenis dan contohnya? Secara lengkap akan di bahas pada artikel di bawah ini.
Menurut KBBI, reklame adalah publikasi suatu produk menggunakan kata maupun gambar yang menarik. Istilah reklame ini juga mengacu pada iklan yang menurut KBBI pengertian reklame di artikan sebagai istilah yang di pakai pada teknik untuk mempromosikan produk maupun layanan menggunakan font maupun gambar tertentu yang menarik.
Pengertian reklame menurut para ahli yaitu sebagai berikut.
– Brata
Menurut Brata, reklame merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk menyampaikan ide maupun informasi barang dan jasa supaya bisa menarik perhatian banyak orang terhadap ide maupun produk dan jasa tersebut.
– Kriyantono
Pengertian reklame menurut Kriyantono yaitu suatu bentuk komunikasi tanpa personal yang memiliki tujuan menyampaikan pesan untuk menjual produk barang maupun jasa dan menjadikan pihak konsumen agar tertarik membeli produk yang di jual serta membayarnya dengan berbagai media yang di manfaatkan.
– Durianto
Menurut Durianto, pengertian reklame yaitu suatu bentuk upaya komunikasi dalam membujuk khalayak umum supaya membeli dan menggunakan produk maupun barang yang di promosikan.
– Panji
Selanjutnya pengertian reklame menurut Panji adalah bentuk kegiatan apa pun yang bertujuan untuk memperkenalkan produk barang maupun jasa serta hal lainnya yang bisa menarik perhatian banyak orang.
Berdasarkan pengertian reklame dari para ahli, secara umum definisi dari reklame yaitu media yang di pakai dalam menyampaikan informasi secara singkat ke banyak orang secara berkelanjutan melalui berbagai media seperti media teks, audio ataupun visual. Tidak hanya itu saja namun biasanya reklame juga akan di sertai dengan gambar yang sengaja di buat mencolok tentang produk yang di promosikan.
Jadi secara garis besar, dapat di simpulkan pengertian reklame yaitu suatu media atau alat yang di gunakan untuk menyampaikan informasi maupun memperkenalkan dan menawarkan atau mempromosikan barang dan jasa pada banyak orang menggunakan kata serta gambar yang menarik.
Ciri-ciri Reklame
Setelah mengetahui pengertian reklame, informasi yang akan di jelaskan selanjutnya yaitu tentang ciri-ciri reklame.
– Menggunakan gambar menarik
Seperti yang di sebutkan sebelumnya pada pengertian reklame menggunakan gambar yang menarik. Ya, ciri utama dari reklame yaitu mempunyai gambar besar dan eye catching.
Biasanya gambar di buat lebih besar di banding teksnya dengan tujuan dapat membantu menarik perhatian publik. Selain itu pemilihan warna pada gambar di buat eye catching dengan memuat iklan gambar simbolis dan mencolok sesuai dengan karakteristik produk tersebut.
– Kalimat yang digunakan singkat, jelas serta mudah dimengerti
Ciri selanjutnya, reklame juga biasanya menggunakan kalimat yang pendek-pendek saja. Singkat namun jelas dan mudah di mengerti. Hal tersebut bertujuan supaya informasi yang di muat pada papan reklame dapat di baca dan di cerna walau dalam waktu yang singkat.
Seperti yang di ketahui biasanya papan reklame ini akan di pasang di pinggir jalan sehingga apabila teks di dalamnya terlalu panjang pasti akan sulit untuk dicerna. Oleh karena itu kalimat yang di gunakan singkat namun dalam pemilihan kalimatnya juga penting di perhatikan supaya jelas dan bisa di pahami hanya dalam waktu sekilas.
– Berisi informasi yang jujur
Meskipun bentuk kalimatnya berupa iklan yang bertujuan untuk mempropaganda atau mempromosi sesuatu supaya pembaca menjadi tertarik. Namun tetap saja informasi yang di muat harus tetap dapat di pertanggungjawabkan. Oleh karena itu informasi yang di muat dalam reklame ini harus jujur supaya audience percaya terhadap produk Anda sehingga akan membeli maupun terpengaruh pada konsep reklame yang di buat.
– Dilakukan berulang-ulang
Sesuai dengan pengertian reklame yang menyebutkan media yang di lakukan berulang-ulang, hal inilah yang menjadi ciri terakhir dari reklame. Jika memasang reklame hanya satu kali saja tentu bisa mengurangi jangkauan audience dalam mengetahui produk yang di tawarkan.
Oleh karena itu ciri dari reklame supaya tujuannya tercapai adalah di lakukan berulang-ulang. Namun jika Anda ingin memasang reklame satu kali saja tetapi tetap ingin menjangkau banyak orang, maka Anda bisa memasang reklame pada tempat yang strategis.
Fungsi Reklame
Selain ciri dan pengertian reklame informasi selanjutnya yang akan di bahas pada artikel ini adalah fungsi dan tujuan reklame. Fungsi reklame adalah sebagai berikut.
– Memberikan informasi tentang barang atau jasa
Perlu di ketahui bahwa reklame terdiri dari beberapa jenis yang akan di bahasa pada penjelasan di bawah ini. Namun secara garis besar Anda tentu mengetahui bahwa fungsi dari reklame yang pertama adalah memberikan informasi.
Tidak hanya bersifat komersial saja yaitu memberikan informasi mengenai barang maupun jasa yang di tawarkan namun juga bisa berisi informasi umum lainnya tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemasyarakatan.
Tidak dapat di pungkiri ketika berada di jalan raya, Anda pasti tidak hanya fokus pada jalanan saja. Namun ketika berada di lampu merah khususnya, secara otomatis Anda akan membaca hal apa pun yang di tampilkan pada baliho, spanduk atau jenis reklame lainnya.
Hal inilah yang membuat reklame menjalankan fungsi utamanya yaitu memberikan informasi kepada khalayak umum. Jadi ketika Anda membaca reklame Anda pasti secara tidak langsung mendapatkan informasi baru baik itu tentang produk yang baru di keluarkan ataupun informasi umum penting lainnya.
– Sebagai media komunikasi
Pada sebuah bisnis, produsen tentu memerlukan keberadaan konsumen supaya bisnis yang di jalankan semakin berkembang dan mendapat banyak untung. Untuk mendapatkan hal tersebut di butuhkan strategi promosi yang tentunya tidak mudah apalagi jika cakupannya masyarakat luas di luar sana.
Fungsi selanjutnya reklame yaitu sebagai media komunikasi. Melalui reklame ini, penjual bisa berkomunikasi dengan calon pembeli maupun konsumen.
Jadi hanya dengan reklame ini, pembeli bisa mengetahui produk atau jasa yang di miliki penjual. Hal tersebut karena reklame di yakini sebagai alat komunikasi periklanan tanpa personal yang efektif dalam mempromosikan produk ataupun jasa.
Reklame berfungsi sebagai media perantara karena biasanya reklame di desain dengan memuat berbagai informasi kontak seperti media sosial, nomor telepon ataupun situs resmi dari brand atau produk yang di miliki.
– Memberi citra baik
Reklame juga bisa memberikan citra atau kesan yang baik kepada semua pihak. Hal tersebut karena dengan memasang reklame artinya Anda telah memberikan informasi yang transparan pada masyarakat. Berdasarkan informasi inilah masyarakat bisa mengetahui kelebihan ataupun kekurangan yang di miliki produk tanpa harus ada yang di tutupi.
Dengan memasang reklame akan membangun brand awareness karena semakin banyak orang yang sering melewati reklame maka produk akan lebih di percaya banyak orang sebab di anggap populer.
– Mengajak calon konsumen untuk membeli
Anda tentu mengetahui bahwa sifat utama dari reklame adalah persuasif yang bisa mempengaruhi maupun mengajak masyarakat hanya melalui sebuah tulisan maupun gambar. Jadi dengan adanya reklame ini, diharapkan bisa membangun persepsi masyarakat agar dapat melakukan tindakan sesuai promosi tersebut termasuk membeli produk tersebut.
Dalam reklame iklan komersial apabila makin banyak masyarakat yang antusias maka penjualan produk juga akan semakin tinggi. Dengan adanya reklame, orang yang pada awalnya tidak tertarik bisa berubah menjadi tertarik hanya setelah melihat reklame tersebut. Bagaimana sangat ajaib dan efektif bukan fungsi dari reklame ini?
– Memberikan kepuasan dalam memenuhi keinginan konsumen
Seperti yang diketahui kebutuhan hidup setiap orang tentunya sangat beragam. Hal ini juga mempengaruhi banyaknya permintaan terhadap produk tertentu. Namun dibalik itu hal yang masih sering menjadi kendala perusahaan adalah menghadapi permintaan dalam mengetahui produk yang dijual.
Hal tersebut karena tidak semua perusahaan dapat menjangkau konsumen karena kendala waktu dan tenaga. Namun dengan hadirnya reklame khususnya reklame komersial bisa memudahkan masyarakat dalam mengetahui jenis produk maupun jasa yang ditawarkan.
Baca juga: Panduan Cara Menghitung Biaya Pajak Reklame
Tujuan Reklame
Berdasarkan pengadaannya, tujuan reklame adalah terbagi menjadi dua di antaranya reklame komersial dan reklame non komersial. Pada artikel ini akan dibahas informasi selanjutnya tentang tujuan pembuatan reklame adalah sebagai berikut.
– Reklame komersial
Reklame komersial merupakan reklame yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi terhadap masyarakat mengenai profil perusahaan ataupun barang dan jasa yang ditawarkan. Selain itu tujuan dari reklame ini juga memberikan semua informasi yang berkaitan tentang bisnis sebagai usaha dalam memperoleh keuntungan.
Jadi reklame ini bertujuan untuk mempromosikan produk maupun layanan yang terdaftar serta fokus terhadap penyediaan informasi terhadap produk tersebut. Biasanya informasi yang ada pada reklame kurang mendetail dengan menggunakan kata yang singkat dan jelas.
Kata-kata yang digunakan biasanya berbentuk ajakan yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk tersebut. Biasanya juga supaya bisa menarik masyarakat secara langsung akan digunakan kata-kata unik supaya mudah diingat juga. Hingga akhirnya kata-kata unik tersebut menjadi perbincangan publik dan bisa meningkatkan daya tarik produk tersebut.
Jadi kesimpulannya tujuan dari reklame ini yaitu memungkinkan pemilik atau produsen untuk memperoleh keuntungan lebih banyak melalui kata-kata promosi tersebut.
– Reklame non komersial
Berbeda dengan reklame komersial yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya melalui reklame yang dipasang. Reklame non komersial ini tidak ada kaitannya dengan komersialisasi sama sekali. Bentuk reklame ini biasanya sering dijumpai pada instansi pemerintah atau sekolah.
Isinya tentu saja berhubungan dengan program pemerintah contohnya pengabdian masyarakat ataupun informasi tentang program beasiswa. Jadi tujuan dari reklame ini yaitu untuk mengajak audience berpartisipasi pada program-program pemerintah. Dalam penulisannya, pesan yang ada pada reklame ini juga harus menggunakan kalimat yang meyakinkan, singkat serta jelas.
Dengan begitu masyarakat bisa dengan jelas mendapatkan informasi mengenai program tersebut tanpa adanya kesalahpahaman membaca informasi. Selain berisi program pemerintah, reklame ini juga bisa berisi ajakan untuk melakukan gerakan. Contohnya gerakan untuk jaga jarak atau memakai masker ketika pandemi.
Pemasangan reklame tersebut biasanya merupakan rekomendasi pemerintah. Namun terkadang ada juga kelompok massa yang terlibat pada pembuatan reklame ini.
Jenis-jenis Reklame Beserta Contohnya
Pengertian reklame dan jenis-jenisnya selanjutnya akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya, tak ketinggalan ada juga contoh-contoh dari reklame.
Berdasarkan sifatnya
Reklame penerangan
Reklame penerangan merupakan reklame yang berisi informasi penting yang tujuannya untuk menerangkan. Jenis reklame ini bersifat informatif sehingga pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.
Reklame peringatan
Sesuai dengan namanya, jenis reklame ini tentu saja berisi peringatan untuk masyarakat. Contoh dari reklame ini biasanya peringatan mengenai bahaya mengemudi sambil mengantuk atau mengemudi sambil bermain HP dan jenis peringatan lainnya.
Reklame permintaan atau ajakan
Reklame selanjutnya berisi permintaan maupun ajakan yang ingin disampaikan untuk masyarakat. Contoh dari reklame ini yaitu seperti ajakan untuk peduli terhadap lingkungan dan ajakan lainnya yang bersifat komersial maupun non komersial.
Berdasarkan pengadaannya
Reklame komersial
Berdasarkan pengadaannya jenis reklame ini menjadi bagian dari tujuan reklame. Jadi jenis reklame ini digunakan sebagai kepentingan bisnis untuk meningkatkan penjualan dalam meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.
Reklame non komersial
Sementara jenis reklame non komersial digunakan untuk tujuan non komersial yang dapat berupa ajakan atau himbauan. Contoh dari reklame ini seperti ajakan untuk taat pajak, tertib lalu lintas dan sebagainya.
Berdasarkan tempat pemasangannya
Indoor
Sesuai dengan namanya, jenis reklame ini ditempatkan di dalam ruangan. Oleh karena itu jenis reklame ini biasanya berukuran kecil sampai sedang serta terbuat dari bahan apa pun tidak harus tahan terhadap cahaya matahari atau air. Contoh dari jenis reklame ini seperti brosur, leaflet atau etiket.
Outdoor
Jenis reklame ini biasanya ditempatkan di luar ruangan. Ukurannya tentu saja besar serta harus dibuat dari bahan yang tahan air serta sinar matahari.
Tujuannya tentu saja supaya mudah dibaca audience karena jangkauannya luas serta tahan lama berada di luar ruangan. Contoh dari jenis reklame ini seperti baliho, spanduk atau papan nama.
Berdasarkan medianya
Audio
Jenis reklame ini ditampilkan dalam bentuk media suara. Wujud dari reklame ini bisa suara yang diperdengarkan secara langsung ataupun tidak langsung.
Visual
Reklame jenis ini berbentuk media gambar yang bisa bergerak maupun tidak bergerak. Jenis ini banyak diminati audience karena selalu berhasil menarik perhatian audience.
Audio visual
Reklame audio visual merupakan jenis reklame gabungan dari media audio dan visual. Jenis reklame ini ditampilkan dalam bentuk suara dan gambar.
Setelah mengetahui jenis-jenis reklame, selanjutnya masing-masing reklame tersebut memiliki contohnya tersendiri. Berikut ini adalah contoh-contoh dari reklame, apa saja itu simak informasinya di bawah ini.
Advertensi
Contoh yang pertama yaitu advertensi yang merupakan jenis reklame dalam bentuk gambar maupun tulisan yang dibagikan melalui media cetak. Jadi contoh reklame ini biasanya tersebar dalam koran, majalah ataupun tabloid yang biasanya berisi sebuah iklan.
Baliho
Contoh reklame selanjutnya merupakan baliho yaitu reklame yang terbuat dari papan besar dan berisi gambar atau foto. Biasanya baliho dapat Anda temui di pinggir jalan dan sengaja diletakkan pada tempat yang mudah dilihat banyak orang.
Brosur
Brosur disebut juga sebagai selebaran. Reklame ini menggunakan huruf sebagai unsur utama pada media lembaran kertas. Jenis reklame ini biasanya akan dibagikan pada masyarakat dengan cara disebar pada jalan maupun tempat tertentu yang banyak dikunjungi orang.
Buklet
Buklet merupakan reklame yang dibuat mirip seperti buku. Untuk jumlah halamannya biasanya jenis reklame ini lebih dari dua lembar.
Embalase
Apakah Anda pernah mendapat tulisan iklan dalam bungkus produk? Pembungkus itu ternyata masuk ke dalam contoh reklame yang disebut embalase. Jadi jenis reklame ini biasanya terdapat pada kemasan produk yang dijual.
Berdasarkan penjelasan tersebut bias diketahui bahwa jenis reklame ini mempunyai fungsi ganda yaitu digunakan sebagai pembungkus serta alat yang bisa menarik perhatian calon konsumen.
Etalase
Jenis reklame ini biasanya dapat dijumpai di bagian depan toko. Biasanya etalase akan diletakkan pada ruang kaca bersamaan dengan barang dagangan lainnya untuk pajangan.
Etiket
Etiket merupakan jenis reklame berbentuk nama pada suatu produk yang disertai dengan keterangan lengkap serta menarik. Jenis reklame ini biasanya diletakkan langsung bersama dengan barang maupun dicetak di bagian pembungkus. Namun ada juga yang mencetak etiket ini terpisah dari pembungkus sehingga berbeda dengan embalase.
Fulder
Jenis reklame selanjutnya yaitu fulder. Jenis reklame ini dibuat seperti buku kecil yang berbentuk lembaran dilipat. Biasanya berisi petunjuk mengenai pemakaian maupun penempaan barang.
Initial
Jenis reklame ini berupa huruf depan dari suatu nama lembaga atau instansi. Biasanya jenis reklame ini juga berfungsi sebagai simbol maupun lambang. Jadi hanya dengan melihat simbol atau initialnya saja, Anda sudah mengetahui bahwa produk tersebut berasal dari instansi yang sudah diketahui.
Label
Label merupakan jenis reklame yang ditempel pada produk benda sebagai cap maupun merek dagang. Biasanya label merek ini juga disertai dengan harga, selain memberikan informasi adanya label ini juga dapat menambah nilai estetik pada barang tersebut.
Leaflet
Leaflet merupakan jenis reklame berbentuk gambar yang biasanya dilengkapi dengan tulisan. Isi dari leaflet ini berupa informasi yang ingin disampaikan kepada audience, bentuk dari leaflet ini hampir mirip seperti brosur maupun buklet hanya saja tampilan dan kemasannya berbeda.
Papan nama
Jenis reklame selanjutnya yaitu papan nama. Jenis reklame ini mungkin jenis yang paling sering Anda temui. Biasanya papan nama diletakkan pada bagian depan sebuah tempat atau lokasi seperti untuk nama toko, perusahaan, kantor ataupun sekolah.
Bagi Anda yang ingin memasang reklame untuk tujuan apa pun, berbagai pilihan reklame tersedia di sini. Tak perlu ragu karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau, proses pemasangan cepat dan pastinya kualitasnya sangat terjamin.
Tunggu apalagi segera klik logo WhatsApp di bawah untuk menghubungi admin mengenai pemesanan atau info lebih lanjut. Hubungi nomor kami di 0851-7520-2415. Demikian penjelasan tentang pengertian reklame beserta ciri-ciri, fungsi, tujuan dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.