Jenis- Jenis Huruf Timbul yang Cocok untuk Segala Kebutuhan Promosimu
Salah satu media promosi yang banyak digunakan saat ini serta memiliki desain visual yang cukup menonjol adalah berupa huruf timbul. Dibanding desain datar/rata, media jenis huruf timbul memiliki beberapa karakteristik yang menjadi kelebihannya.
Bagi Anda yang belum familiar dengan media yang satu ini, huruf timbul adalah satu diantara macam-macam reklame dengan bentuk tulisan yang unik dan 3D. Huruf semacam ini biasanya berukuran sedang hingga besar.
Ciri-Ciri Huruf Timbul
Tidak ada karakter yang cukup spesifik untuk menggambarkan bentuk huruf yang berbentuk 3D ini ketika digunakan sebagai bahan promosi. Namun, media tersebut memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari media promosi lainnya.
1. Terbuat dari bahan padat
Ciri pertama huruf timbul adalah dibuat dari bahan padat, sebagaimana yang akan menentukan jenis-jenisnya. Bahan tersebut bisa jadi diolah dalam bentuk cair terlebih dahulu sebelum kemudian mengeras dan berubah menjadi padat.
Umumnya, bahan-bahan padat pembuat media tersebut didominasi oleh aklirik, stainless, galvanis, hingga bahan sederhana seperti kayu dan besi.
2. Desain visual berupa 3 dimensi
Huruf yang dibuat menonjol ke depan identik dengan desain visualnya yang berbentuk 3D. Desain ini membuat media promosi lebih memiliki daya tarik ketika seseorang melihatnya.
3 dimensi yang dibentuk pada desain huruf tersebut tidak selalu menonjol ke depan. Sebab tidak sedikit visualisasi dari huruf 3D dibuat menyamping dengan ukuran/resolusi pada titik derajat tertentu. Hal ini disesuaikan pada sudut pandang darimana arah tulisan akan dituju/dilihat oleh targetnya.
3. Diterapkan pada media datar
Meskipun memiliki desain menonjol atau 3D, pemasangan huruf semacam ini diterapkan pada media datar, dan sedikit diantaranya dipasang pada permukaan sebaliknya.
Huruf timbul disusun di permukaan yang datar dengan tujuan agar mudah menempel. Kemudian, media tersebut akan dipasang sesuai kebutuhannya.
Baca juga: Cara Memilih Desain Huruf Timbul untuk Bisnis Kuliner
Jenis-Jenis Huruf Timbul yang Cocok untuk Promosi
Seperti kita ketahui, media promosi terdapat dua cara yang lazim digunakan, yaitu metode online dan offline. Kalau dilakukan dengan cara online, maka memungkinkan seseorang membangun strategi branding melalui jaringan internet, sedangkan metode offline sendiri mengharuskan branding dilakukan secara fisik, sehingga membutuhkan media promosi, seperti halnya pemakaian huruf timbul.
Untuk kebutuhan branding tersebut, ada beberapa jenis huruf timbul yang dapat digunakan. Jenis- jenis huruf timbul tersebut didasarkan pada bahan yang digunakan sehingga memiliki karakteristik yang berbeda pada setiap jenisnya.
Berikut ini beberapa jenis yang bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menentukan kebutuhan promosi yang ideal nantinya.
1. Huruf timbul akrilik
Akrilik seringkali menjadi pilihan utama dalam pembuatan media promosi. Umumnya bahan tersebut tersedia dalam berbagai ketebalan, dimana ukuran standar akrilik adalah 3 mm. Huruf 3D yang dibuat dengan bahan ini memiliki variasi tampilan yang berwarna-warni. Jika dibuat dengan desain visual berupa gambar, maka akan difinishing dengan menggunakan stiker orajet print indoor.
Tidak hanya warna, harga dari huruf timbul akrilik sendiri juga bervariasi. Masing-masing bergantung pada ukuran yang dipesan dan jumlah lampu yang digunakan.
Media diukur dalam satuan per cm persegi. Tidak sedikit usaha, seperti kafe, kedai makanan, perusahaan, bahkan hingga instansi pemerintahan yang telah menjajal pemakaian huruf jenis akrilik ini untuk menciptakan kesan eksklusif. Tentu saja tujuannya adalah untuk meyakinkan calon pelanggan. Salah satu keunggulan jenis akrilik adalah memiliki tingkat ketahanan yang dapat mencapai hingga 5 tahun.
2. Huruf timbul galvanis
Jenis media promosi selanjutnya adalah berbahan dasar galvanis, suatu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan media promosi. Huruf timbul galvanis sendiri dibuat dengan ketebalan standar 0.8 mm, lebih kecil dibanding bahan aklirik.
Dalam proses pembuatannya, jenis galvanis menggunakan alat penyambung berupa patri dan las. Berikutnya, sebagai penerangan media ini akan menggunakan modul LED mata 3 yang mengarah ke bagian belakang huruf tersebut.
Seperti halnya jenis aklirik, harga huruf timbul galvanis juga sangat bervariasi. Dimana tinggi rendahnya harga ditentukan pada ukuran dan jumlah huruf yang dibuat. Biaya produksi jenis galvanis pun sama dengan aklirik yang dihitung dengan ukuran per cm persegi. Pada setiap huruf 3D galvanis yang telah divisualisasikan berdasarkan hurufnya, maka akan diwarnai dengan cat khusus, yaitu duco.
Media promosi berjenis galvanis telah banyak digunakan di berbagai jenis tempat usaha. Beberapa contoh diantaranya seperti tempat wisata, rumah sakit, kafe, kantor pusat perusahaan, dan sebagainya. Masa ketahanannya masih relatif sama dengan aklirik, yaitu sekitar 5 tahun.
3. Huruf timbul stainless
Salah satu jenis lain dalam pembuatan media promosi adalah menggunakan bahan stainless. Tidak kalah menarik dari kedua jenis sebelumnya, bahan stainless sering dipilih karena memiliki sifat yang mengkilap. Sehingga apabila digunakan untuk pembuatan huruf timbul, maka akan memperlihatkan kesan mewah dan lebih eksklusif.
Huruf timbul yang satu ini terbuat dari stainless dengan ketebalan berkisar antara 0.5 hingga 0.8 mm. Proses pembuatannya dilakukan melalui teknik sambungan patri. Selain itu, bahan ini juga dapat dibuat dengan menggunakan las argon.
Penerangan untuk huruf timbul stainless biasanya menggunakan LED roll. Jika memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan modul LED mata 3 untuk menyesuaikan desain visualnya sesuai dengan keinginan.
Ketiga jenis huruf timbul di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar memberikan hasil tampilan yang lebih menarik, Anda harus pintar dalam memilih jenis apa yang cocok dengan bidang usaha atau lokasi permukaan yang dipakai nantinya.
Sebagai tambahan, berikut beberapa kelebihan dalam penggunaan huruf timbul untuk promosi Anda.
Kelebihan Huruf Timbul untuk Promosi
1. Visualisasi terlihat elegan
Bisnis yang promosinya tidak dilakukan sebatas offline tentu akan membutuhkan ruang yang instagramable agar konten terlihat menarik. Dengan menggunakan media 3D seperti huruf ini tentu akan membuat visual promosi Anda jauh lebih elegan baik secara offline maupun online.
2. Memperjelas brand atau merk
Dibalik gaya yang dibangun pada huruf timbul, terdapat makna tersendiri, yaitu ketajaman brand atau merk yang ditampilkan. Sebab, media yang satu ini terlihat jauh lebih jelas dibanding media sejenis lainnya.
3. Menambah kesan profesional
Penggunaan huruf berdimensi dengan kombinasi penerangan lampu cahaya akan mempresentasikan cara branding yang terlihat sangat profesional. Tentu siapa saja yang melewati area media promosi ini besar kemungkinan akan tertuju untuk melihatnya.
4. Biaya pembuatan terjangkau
Baik berbahan dasar aklirik, galvanis, maupun stainless ketiganya masih tergolong murah untuk sebuah media promosi. Bahkan Anda bisa memperoleh jauh lebih murah jika huruf timbul ini dibuat dari bahan dasar kayu atau besi.
5. Tingkat ketahanan lama
Karena termasuk ke dalam media yang memiliki ciri khas berbentuk padat, huruf timbul mampu bertahan hingga masa usia yang relatif lama. Masing-masing tingkat ketahanan jenis huruf ini berada diantara 5 tahun lebih. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan potensi kerusakan dalam waktu dekat.
Bagi Anda yang tertarik membuat media promosi dan membutuhkan jasa huruf timbul, percayakanlah kepada Jagoan Billboard. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan billboard, kami telah berpengalaman lebih dari 25 tahun dan sukses mendistribusikan berbagai media promosi di seluruh Jabodetabek dan Pulau Jawa. Segera hubungi nomor WhatsApp kami dengan menekan widget tombol WA di website ini. Salam sukses!.