Cara Membuat Iklan Layanan Masyarakat
Cara membuat iklan layanan masyarakat tentu tidak sulit jika kita mengetahui media promosinya. Sebab, setiap iklan dengan tujuan tertentu, maka akan memiliki metode pemasaran yang berbeda-beda, termasuk dalam hal penggunaan media promosi.
Promosi tentang layanan masyarakat sendiri biasanya di keluarkan oleh instansi publik, seperti pemerintah daerah, rumah sakit, kepolisian, dinas sosial, dan masih banyak lainnya. Oleh karenanya media promosi yang di gunakan tentu memiliki karakter masing-masing.
Media Promosi yang Cocok dalam Membuat Iklan Layanan Masyarakat
Media promosi adalah salah satu komponen utama guna menciptakan iklan layanan masyarakat yang efektif. Pada umumnya, ada berbagai aspek media promosi dalam konteks layanan masyarakat. Dari pemahaman tentang media promosi hingga cara membuat materi yang efektif.
Berikut ini kita akan mencari tahu rekomendasi media promosi apa saja yang cocok dan paling ideal jika di gunakan untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat.
Macam-Macam Media Promosi untuk Membuat Iklan Layanan Masyarakat
Media promosi adalah sarana atau alat yang di gunakan untuk mengkomunikasikan pesan layanan masyarakat kepada calon audiens. Di bawah ini adalah beberapa macam media promosi yang sering di gunakan:
1. Media cetak
Surat Kabar: Iklan cetak di surat kabar memiliki cakupan yang cukup luas serta dapat mencapai audiens secara acak.
Majalah: Iklan dalam majalah biasanya lebih spesifik dan dapat menargetkan audiens tertentu.
2. Media elektronik
Radio: Iklan radio memiliki daya jangkau yang cukup luas di regional tertentu, meskipun dari waktu ke waktu trendnya terus menurun.
Televisi: Iklan televisi memiliki visualisasi yang hampir di miliki oleh seluruh jenis media iklan. Tak heran jika tarifnya sangat mahal.
3. Media Luar Ruangan
Poster dan Spanduk: Penempatan poster dan spanduk di lokasi strategis dapat meningkatkan visibilitas terhadap pesan yang di sampaikan.
Kendaraan Bergerak: Kendaraan dengan branding khusus dapat berfungsi sebagai media promosi bergerak yang efektif. Contohnya ojek online dan ekspedisi.
4. Media Digital
Sosial Media: Platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram di gunakan untuk mencapai target audiens yang di inginkan secara online.
Situs Web: Membuat situs web khusus untuk kampanye iklan layanan masyarakat dapat memberikan informasi lebih lengkap dan up-to-date kepada audiens.
5. Media Interaktif
Aplikasi Mobile: Aplikasi yang di kembangkan khusus untuk kampanye iklan dapat memungkinkan interaksi secara langsung dengan audiens.
Permainan Edukatif: Permainan yang mengajarkan pesan-pesan penting melalui interaksi dapat menjadi media promosi yang inovatif dan menarik.
Tujuan Penggunaan Media Promosi
Penggunaan media promosi dalam iklan layanan masyarakat memiliki beberapa tujuan yang meliputi:
A. Meningkatkan Kesadaran
Tujuan utama membuat iklan layanan masyarakat adalah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu atau masalah tertentu. Media promosi membantu dalam menyebarkan pesan kepada khalayak yang lebih luas.
B. Menggalang Dukungan
Iklan juga dapat di gunakan untuk menggalang dukungan masyarakat terhadap suatu penyebab atau program tertentu. Media promosi dapat membantu memobilisasi orang untuk berpartisipasi atau memberikan dukungan sebagaimana arahan dari pesan yang di sampaikan.
C. Edukasi Publik
Beberapa iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan informasi atau mengedukasi publik tentang isu-isu yang relevan. Untuk itu di butuhkanlah media promosi sebagai platform untuk menyampaikan informasi ini.
D. Memotivasi Perubahan Perilaku
Iklan layanan masyarakat sering kali bertujuan untuk memotivasi perubahan perilaku atau tindakan tertentu. Dalam hal ini, media promosi dapat memengaruhi audiens untuk mengambil langkah-langkah yang lebih baik dari tindakan tersebut.
Rekomendasi Media Promosi yang Cocok untuk Beriklan
Setelah mengetahui macam-macam media promosi yang ada serta tujuan dari penggunaannya, tentu dapat menjadi pedoman bagi Anda tentang media apa yang cocok untuk membuat iklan layanan masyarakat tersebut.
Jika di lihat dari kebanyakan iklan yang di jumpai, media fisik seperti di bawah ini adalah contoh media promosi yang sangat di rekomendasikan.
1. Spanduk dan Banner
Spanduk besar dan banner yang di tempatkan di lokasi strategis seperti jalan raya, pusat perbelanjaan, atau tempat umum lainnya dapat membuat visibilitas yang baik jika di tujukan untuk iklan layanan masyarakat.
2. Papan Informasi di Tempat Umum
Penempatan papan informasi di taman, persimpangan jalan, pusat perbelanjaan, dan tempat umum lainnya tentu sangat efektif untuk menjangkau audiens dalam jumlah besar.
Papan informasi untuk membuat iklan layanan masyarakat dapat berupa reklame atau billboard. Dimensi yang besar dan terlihat mencolok di area tertentu bukan tidak mungkin akan di lirik oleh masyarakat.
Pemilihan media fisik tergantung pada audiens target Anda, anggaran, dan jenis pesan yang ingin di sampaikan. Kombinasi beberapa media fisik juga dapat meningkatkan efektivitas kampanye iklan layanan masyarakat Anda. Yang terpenting, pastikan desain dan konten pada iklan Anda mudah di pahami, menarik, serta relevan dengan tujuan Anda.
Cara Membuat Materi untuk Iklan Layanan Masyarakat
Membuat materi untuk iklan layanan masyarakat adalah proses yang harus di perhatikan. Sebab sejatinya materi adalah kunci dari keseluruhan proses kampanye. Semakin bagus materi yang di buat tentu akan berdampak pada kualitas kampanye itu sendiri.
Materi yang di buat haruslah relevan agar membantu pesan Anda bisa mencapai audiens dengan lebih efektif dan sesuai harapan.
Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah yang di perlukan untuk membuat materi iklan layanan masyarakat agar membuahkan hasil yang efektif dan tentu memberi konversi yang baik.
1. Mengenali kondisi masyarakat
Sebelum Anda mulai membuat materi iklan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencoba membuat penelitian dan analisis secara menyeluruh.
Ada beberapa tahapan dalam proses ini, mula dari penelitian audiens, isu/masalah, hingga pesan yang ingin disampaikan.
2. Membuat pesan yang edukatif
Setelah memperoleh pemahaman tentang profil audiens dan substansi yang akan disampaikan, langkah berikutnya adalah merancang bagaimana Anda akan menyampaikan iklan. Iklan tersebut sebaiknya mudah dimengerti dan berbentuk teks yang ringkas.
3. Gunakan visualisasi yang menarik
Elemen visual dalam membuat iklan layanan masyarakat sangat penting. Gunakan grafik, gambar, dan elemen visual lainnya yang relevan dengan pesan Anda untuk membantu masyarakat memahami pesan tersebut.
Visual yang menarik dapat memikat perhatian audiens dan membantu mereka memahami pesan dengan lebih baik.
4. Bangun narasi yang emosional
Jika memungkinkan, tambahkan narasi yang emosional untuk membuat audiens merasa butuh terhadap konten Anda. Cerita atau narasi dapat membuat pesan Anda lebih relevan dan memotivasi audiens untuk melakukan tindakan atau berpikir sesuatu.
5. Mengajak untuk bertindak
Setiap materi iklan layanan masyarakat harus dapat membuat suatu bentuk panggilan kepada masyarakat agar meresponnya dengan cara berpikir atau bertindak.
Narasi yang dibangun harus mampu mendorong audiens berpikir tentang apa yang dapat mereka lakukan setelah melihat iklan Anda.
6. Uji dan evaluasi
Sebelum Anda meluncurkan iklan secara luas, lakukan uji coba dalam ruang lingkup kecil terlebih dahulu. Tanyakan kepada beberapa orang secara acak tentang apa yang mereka pahami dari kampanye Anda.
Dari masukan yang diperoleh bisa digunakan sebagai bahan evaluasi.
Baca juga: Jenis Huruf Akrilik, dan Tips Pemilihannya
Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membuat iklan fisik serta berisi tentang layanan masyarakat, gunakanlah media promosi yang berkualitas. Jagoan Billboard akan membantu Anda menemukan pilihan media yang tepat sesuai dengan tujuan pemasangan dan penentuan lokasi yang potensial.
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami melalui nomor WhatsApp dengan menekan tombol yang tersedia di website ini. Kami akan segera membalas pesan Anda dan siap membantu mewujudkan rencana Anda.