Prospek Pemasaran Melalui Reklame di Tahun 2023

Beriklan melalui reklame apakah masih worth it di tahun 2023 ini? Tentu saja jawabannya adalah iya!. Selama anda masih menemui reklame di sepanjang jalan, area gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan beberapa tempat lainnya, itu berarti pemasaran melalui reklame masih memiliki prospek yang sangat tinggi.
Namun jauh sebelum melihat bagaimana peluang pemasaran yang dihasilkan jika media promosi kita menggunakan reklame, alangkah baiknya kita pahami dulu mengapa media yang satu ini masih sangat potensial untuk digunakan sebagai salah satu media promosi.
Mengenal reklame sebagai media promosi paling menjanjikan
Kehadiran reklame sebagai media promosi erat kaitannya dengan suatu daerah tertentu yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Dengan banyaknya lalu lalang kendaraan yang lewat atau orang-orang yang melintasi kawasan tersebut, menjadi kekuatan tersendiri mengapa promosi melalui reklame sangat potensial.
Penggunaan reklame bisa dialokasikan untuk berbagai keperluan pemasaran. Tidak hanya diperuntukkan komersial semata yang lazimnya dilakukan oleh pelaku bisnis atau perusahaan, namun juga instansi pemerintahan seringkali memanfaatkan media reklame untuk memberikan informasi atau edukasi kepada masyarakat.
Reklame sendiri merupakan media fisik yang sangat mudah dijumpai. Dengan berukuran yang relatif lebih besar membuat keberadaan reklame mampu mencuri perhatian siapapun yang melewati sekitar area keberadaan media ini.
Reklame sendiri merupakan media pemasaran yang memiliki beberapa jenis. Beragam jenis yang paling banyak digunakan serta sering ditemui adalah spanduk, billboard, neon box, poster, dan videotron.
Baca juga: Harga Pembuatan Neon Box
Jenis-jenis reklame
Berikut ini macam-macam reklame Jika dilihat berdasarkan tujuan, sifat, dan medianya. Masing-masing dari variasi reklame tersebut memiliki karakteristik tersendiri, dimana biasanya disesuaikan dengan maksud dan target promosi yang ingin dicapai.
Adapun macam-macam reklame adalah sebagai berikut.
Berdasarkan tujuannya dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Reklame komersial
Reklame jenis ini merupakan media pemasaran yang paling sering kita temui di beberapa tempat. Penggunaan reklame untuk tujuan komersial didominasi oleh para pebisnis dan perusahaan untuk mempromosikan produknya.
Ciri-ciri reklame komersial biasanya iklan yang ditampilkan berisi suatu penawaran terhadap produk atau layanan jasa. Selain itu juga disematkan logo perusahaan tertentu lengkap dengan tagline dan nama brand/merk.
2. Reklame non komersial
Kebalikan dari jenis reklame sebelumnya. Jika reklame komersial berorientasi pada usaha untuk mencari keuntungan, maka non komersial cenderung sebatas hanya sebagai informasi tanpa motif berlabel bisnis.
Reklame non komersial banyak dipasang oleh instansi pemerintahan dengan maksud memberikan informasi, himbauan, atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Lokasi penempatan reklame jenis ini bisa ditemui di gedung pemerintahan, lalu lintas jalan, kantor polisi, dan sebagainya.
Berdasarkan sifatnya dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. Reklame peringatan/himbauan
Sesuai dengan namanya, reklame ini berisi peringatan yang disampaikan oleh pihak terkait kepada masyarakat tertentu dengan maksud menghimbau agar masyarakat memperhatikan sesuatu yang disampaikan.
Contoh penggunaan media untuk tujuan peringatan ini seperti reklame yang berisi tentang peringatan kepada pengguna jalan agar tertib dalam berlalu lintas serta membayar pajak tepat waktu.
2. Reklame ajakan/pengarahan
Tidak berbeda jauh dari jenis reklame sebelumnya, reklame ajakan identik dengan upaya untuk memobilisasi masyarakat dengan cara mengajak atau menyerukan sesuatu yang diminta.
Contohnya adalah ajakan untuk memakai masker selama pandemi dan menjaga jarak aman antara satu sama lain. Reklame ajakan ini bisa bertujuan secara komersial atau non komersial.
3. Reklame edukasi
Edukasi menekankan pada upaya untuk memberikan petunjuk dan wawasan kepada masyarakat tertentu dengan memberikan poin-poin yang mudah untuk dipelajari. Tujuan adanya reklame edukasi ini tak lain untuk memastikan masyarakat yang dituju bisa memahami sesuatu atau mengikuti panduan sebagaimana mestinya.
Contoh reklame edukasi yang relevan adalah berisi tentang edukasi seputar covid 19. Di dalamnya memuat informasi tentang apa itu covid 19 dan bagaimana cara menghindarinya agar tidak terjangkit virus tersebut.
Berdasarkan medianya dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. Reklame video visual
Reklame tidak hanya terbatas pada iklan yang tampil secara statis, namun juga bisa dalam bentuk gambar bergerak apabila media yang dipakai adalah videotron. Jenis reklame yang satu ini lebih menarik meskipun harga untuk pengadaannya cenderung lebih mahal.
Reklame video visual banyak digunakan untuk promosi oleh para pebisnis besar atau perusahaan kelas atas. Di samping itu, instansi pemerintahan juga tidak sedikit yang menerapkan penggunaan reklame video visual untuk menyampaikan informasi tertentu.
2. Reklame audio visual
Jika sebelumnya menampilkan gambar bergerak, untuk jenis reklame yang satu ini hanya sebatas suara saja. Artinya reklame yang ada adalah berupa speaker atau pengeras suara.
Sebagai contoh, reklame audio visual diterapkan dalam sistem lampu lalu lintas untuk menghimbau para pengguna jalan secara langsung yang dikontrol jarak jauh melalui sambungan jaringan.
3. Reklame campuran
Di beberapa tempat mungkin anda pernah menemui reklame sejenis videotron yang tidak hanya menampilkan gambar namun juga menghasilkan suara. Umumnya penggunaan sejenis ini berada di pusat perbelanjaan untuk menawarkan produk mereka kepada pengunjung.
Reklame campuran untuk lebih menarik dan bisa menjadi pusat perhatian ketika ditempatkan di suatu tempat yang memiliki mobilitas tinggi. Hanya saja suara yang muncul mungkin tidak akan terdengar dengan jelas terutama jika banyak kompetitornya yang memasang media serupa.

Alasan penggunaan reklame untuk pemasaran
Berbicara tentang pemasaran kita akan mengenal dua cara, yaitu pemasaran yang dilakukan secara fisik dan pemasaran yang dilakukan secara digital. Adapun pemasaran secara fisik identik dengan penggunaan media bantu seperti halnya reklame.
Penggunaan reklame sebagai media pemasaran tidak membatasi siapapun untuk bisa melihat kampanye atau promosi anda. Bahkan mereka juga bisa mengenali apa yang Anda tawarkan sampai tujuan promosi anda dapat dicapai, yaitu ketika mereka tertarik untuk membeli atau menggunakan layanan anda.
Lokasi penempatan reklame juga sangat mudah, karena bisa ditempatkan dimana pun yang anda mau. Hal ini tentu akan memudahkan bisnis Anda memperoleh konsumen atau calon pelanggan yang potensial.
Reklame memiliki berbagai jenis yang kesemuanya bisa dimanfaatkan untuk media promosi. Tentu ini menjadi nilai tambah sehingga cara anda mempromosikan bisnis bisa dilakukan secara bervariatif.
Konstruksi reklame dapat bersifat permanen, semi permanen, dan sementara. Itu berarti anda bisa menentukan batasan waktu atau periodisasi penayangan iklan, barangkali anda ingin mengganti isi konten dari bidang pemasaran tersebut secara rutin.
Selain beberapa hal di atas, untuk memperoleh fasilitas reklame juga sangat mudah. Ada beberapa rekomendasi penyedia jasa reklame seperti Jagoanbillboard yang bisa anda jadikan sebagai partner pengadaan media promosi.
Dengan adanya reklame, Anda cukup melakukan beberapa langkah yang sangat mudah sampai pada akhirnya iklan Anda dapat ditampilkan.
Prospek pemasaran melalui reklame tahun 2023
Dari tahun ke tahun bidang pemasaran telah diwarnai teknik secara digital. Sehingga selain dilakukan secara fisik, pemasaran juga banyak dilakukan melalui jaringan internet, seperti penggunaan media sosial dan sebagainya.
Meskipun demikian bukan berarti pemasaran melalui digital secara keseluruhan akan menggantikan peran pemasaran secara fisik. Hal ini terbukti bahwa pada kasus tertentu pemasaran digital tidak menjamin memberikan prospek yang aktif baik ketimbang pemasaran secara fisik.
Dari sini kita bisa memastikan prospek pemasaran melalui reklame tetap akan terus menjadi pilihan alternatif bahkan di tahun 2023 ini.
Pemasaran dengan memanfaatkan reklame dapat meningkatkan value secara langsung, yaitu dengan membangun citra perusahaan terlihat lebih profesional. Hal ini juga selaras untuk meningkatkan brand awareness mengingat peran teknologi digital yang masih belum maksimal terkait keberadaannya.
jika branding pada media digital bersifat untuk mengenalkan suatu brand, maka promosi secara fisiklah yang akan mengeksekusi. Melalui reklame yang anda pasang di beberapa tempat termasuk area di mana workshop anda berdiri, opini dan minat seseorang yang melihatnya akan mudah tergiring untuk tertuju pada lokasi bisnis Anda.

Cara memaksimalkan peran reklame
Pemanfaatan media reklame untuk promosi tidak cukup hanya dengan mendirikannya begitu saja. Ada teknik khusus yang harus anda perhatikan agar pemasaran yang dilakukan secara fisik termasuk penggunaan reklame dapat berfungsi secara maksimal.
Adapun cara memaksimalkan peran reklame terhadap pemasaran bisnis Anda adalah sebagai berikut.
Pemilihan lokasi yang strategis
Ada berapa tempat yang mungkin bisa menjadi referensi pada saat anda menentukan lokasi pemasangan reklame. Namun sebelum itu Anda harus mengetahui target pasar yang mungkin membutuhkan produk atau layanan jasa Anda. Karena tentu percuma lokasi yang strategis namun orang-orang yang berada di area tersebut tidak mengenali serta membutuhkan penawaran anda.
Beberapa lokasi yang cukup strategis mulai dari area perkantoran, pusat perbelanjaan, jalan tol, area perkotaan, alun-alun, kawasan olahraga, dan sebagainya. Masing-masing lokasi ini memiliki karakteristik masyarakat atau mobilitas lengkap dengan minat publik yang berbeda-beda.
Sebagai contoh, jika anda menawarkan produk kecantikan maka lokasi pemasangan reklame yang cocok mungkin berada di pusat perbelanjaan. Begitu juga ketika anda menawarkan produk olahraga seperti peralatan dan sebagainya, mungkin akan cocok jika reklame yang dipasang berada di kawasan olahraga, alun-alun, dan sejenisnya.
Konsep promosi yang berdaya jual
Bagi perusahaan besar mungkin sudah tidak berorientasi pada aktivitas selling di setiap promosi yang dilakukannya. Artinya tidak semua konsep promosi harus tertarget pada penjualan, melainkan disesuaikan dengan tujuan dan goal pemasangan yang ingin dicapai.
Konsep pemasaran yang berdaya jual diartikan sebagai suatu teknik promosi yang mampu mobilisasi atau mempengaruhi minat masyarakat ketika melihatnya. Ketika suatu iklan yang Anda tampilkan menggunakan media reklame mampu mengubah cara pandang orang yang melihat untuk kemudian melakukan suatu tindakan yang anda minta.
Tentu saja tidak mudah untuk membuat konsep promosi yang sedemikian itu. Namun untuk hasil yang maksimal sangat wajib untuk mencobanya. Anda hanya perlu meriset produk Anda, siapa yang membutuhkannya, apa yang akan mereka dapat, dan apa yang harus mereka lakukan untuk memperolehnya.
Selangkah lebih menarik dari kompetitor
Memilih lokasi yang strategis menurut anda juga berlaku menurut kompetitor yang anda punya di area tertentu. Itu berarti Anda akan menemukan berbagai macam kompetitor yang juga memasang reklame di tempat-tempat yang relatif sama. Tanpa iklan Anda selangkah lebih menarik maka saat mustahil orang akan memilih brand Anda dibanding kompetitor.
Untuk membuatnya lebih menarik, bisa dengan cara mengubah gaya promosinya. Pastikan konten anda lebih dibutuhkan, lebih diminati, dan lebih direkomendasikan oleh siapapun yang melihat iklan Anda bersamaan dengan iklan kompetitor.
Jenis-jenis reklame yang tersedia mungkin Anda bisa memilih media yang tampak lebih energik dan interaktif. Contoh yang mungkin bisa ada pertimbangan adalah penggunaan videotron, media yang satu ini masih terbatas dan masih jarang digunakan.
Jasa penyediaan reklame
Mau tahu lebih banyak tentang apa saja yang bisa dilakukan agar penggunaan reklame untuk promosi jadi lebih maksimal? Anda dapat menjadikan kami sebagai partner bisnis khususnya di bidang penyediaan media promosi.
Jagoanbillboard merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan reklame yang sudah terpercaya menangani berbagai perusahaan selama lebih 25 tahun, dan kini adalah giliran anda!
Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau untuk detail pemesanan dengan cara menekan tombol WhatsApp yang sudah tersedia di website ini. Ada juga bisa melihat layanan apa saja yang kami berikan atau melakukan konsultasi secara gratis.