Cara Menggabungkan Strategi Pemasaran Digital dan Non-Digital
Pemasaran adalah tulang punggung setiap bisnis apa pun. Berada pada era di mana teknologi dan media sosial mendominasi, perusahaan harus memutuskan bagaimana strategi pemasaran yang harus dilakukan. Adapun cara yang paling ampuh adalah dengan menggabungkan strategi pemasaran, karena baik berbasis digital mupun non digital keduanya memiliki prospek yang masih tinggi.
Penting untuk memahami perbedaan antara pemasaran digital dan non-digital sebelum menjelajahi cara menggabungkan keduanya.
Mengenal Digital Marketing dan Non-Digital Marketing
Digital Marketing
Pemasaran digital adalah suatu teknik yang melibatkan penggunaan platform dan alat-alat digital, seperti situs web, media sosial, email, dan iklan online untuk mencapai target audiens. Lingkupan digital marketing meliputi:
- Pemasaran Media Sosial
Dalam pemasaran media sosial, bisnis menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn untuk membangun interaksi dengan pelanggan.
- Pemasaran Konten
Strategi ini melibatkan pembuatan konten promosi yang berkualitas serta relevan dengan minat audiens. Konten yang dimaksud bisa berupa artikel blog, video, infografis, dan banyak lainnya.
- Pemasaran Email
Email menjadi alat promosi yang potensial dalam pemasaran digital. Cara ini banyak dilakukan oleh perusahaan kelas atas kepada pengikutnya dengan cara memakssimalkan peran email.
- Pemasaran PPC
Pay-Per-Click (PPC) adalah bentuk iklan berbayar di mana bisnis membayar setiap kali pengguna mengklik iklan. Cara ini hingga sekarang cukup banyak diminati karena mampu memperoleh pelanggan yang sesuai dengan pasarnya.
- SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah cara untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian seperti Google. Dengan mengoptimalkan situs web, Anda bisa meningkatkan visibilitas publik dan mengarahkannya ke laman penawaran produk/jasa.
Non-Digital Marketing
Pemasaran non-digital adalah metode tradisional yang telah ada sebelum munculnya era digital. Era ini mencakup berbagai bentuk cara beriklan dengan offline. Adapun jenis-jenis pemasaran non-digital mencakup:
- Iklan Cetak
Iklan yang terbit di surat kabar, majalah, brosur, selebaran, dan katalog adalah contoh pemasaran non digital yang banyak ditemui. Meskipun beberapa publikasi cetak beralih ke format digital, iklan cetak masih hingga saat ini masih cukup relevan.
- Iklan Radio dan Televisi
Iklan yang disiarkan melalui siaran radio dan televisi merupakan salah satu bentuk pemasaran tradisional yang masih banyak digunakan hingga saat ini.
- Billboard dan Reklame
Billboard adalah media iklan berukuran besar yang biasanya ditempatkan di lokasi strategis seperti jalan raya, pusat perbelanjaan, hingga tempat hiburan.
Kelebihan dan Kekurangan Strategi Pemasaran Digital dan Non-Digital
Kelebihan Pemasaran Digital
- Penargetan yang Lebih Tepat
Salah satu keunggulan pemasaran digital adalah kemampuan untuk menargetkan audiens lebih spesifik. Anda dapat mengincar konsumen berdasarkan demografi, minat, dan lokasi geografisnya.
- Keberadaan Sistem Analitik
Anda dapat melacak kinerja kampanye dengan memahami tingkat konversi, jumlah pengunjung, dan perilaku pengguna di situs web secara langsung.
- Biaya yang Lebih Rendah
Pemasaran digital dianggap lebih terjangkau daripada pemasaran non-digital. Dengan hanya memanfaatkan platform pendukung, biaya promosi dapat ditekan dibanding membuat media cetak.
Kekurangan Pemasaran Digital:
- Tingginya Tingkat Persaingan
Karena hampir semua bisnis saat ini berada di ranah digital, maka tentu berdampak pada tingkat persaingan yang lebih kompetitif. Tentu saja keberadaan kompetitor akan menjadi hambatan tersendiri dalam meraih konsumen.
- Minimnya Interaksi Secara Langsung
Pemasaran digital yang hanya menggunakan alat otomatisasi, cenderung kurang memungkinkan untuk dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Akibatnya, mereka berpotensi untuk beralih ke kompetitor.
Kelebihan Pemasaran Non-Digital
- Sentuhan Manusia
Pemasaran non-digital memungkinkan interaksi secara langsung dengan pelanggannya. Melalui media cetak atau papan plang bisa mengarahkan mereka untuk datang ke lokasi bisnis di sekitarnya.
- Berdampak Pada Aspek Visual
Beberapa contoh media seperti iklan cetak, iklan radio, dan billboard memiliki dampak visual yang berbeda, sebab media ini dapat menciptakan kesan pada setiap audiensnya.
- Memudahkan Penargetan Secara Lokal
Pemasaran non-digital sangat efektif untuk bisnis dengan basis pelanggan lokal. Misalnya, pemasaran melalui radio local untuk dapat menjangkau pendengar di wilayah tertentu.
Kekurangan Pemasaran Non-Digital
- Sulit Memperoleh Data
Salah satu tantangan terbesar dalam pemasaran non-digital adalah sulitnya memperoleh data yang terukur. Hal ini memungkinkan Anda tidak mengetahui seberapa banyak orang yang melihat iklan dan meresponnya.
- Biaya Cenderung Mahal
Beberapa pemasaran non-digital lebih mahal daripada pemasaran digital, terutama jika Anda ingin beriklan melalui media seperti televisi atau radio.
Cara Menggabungkan Strategi Pemasaran Digital dan Non-Digital
Setelah memahami perbedaan dan kelebihan serta kekurangan dari kedua jenis pemasaran ini, pertanyaannya adalah bagaimana jika seandainya kita ingin menggabungkan keduanya?
1. Identifikasi Target Audiens yang Sama
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa audiens yang Anda target adalah kalangan yang memiliki sifat kesamaan.
Misalnya, jika Anda adalah produsen mainan anak-anak dan Anda memiliki kampanye pemasaran digital yang menargetkan ibu-ibu di usia 30-an, maka pada kampanye cetak Anda, seperti iklan di majalah parenting, juga harus menargetkan demografi yang sama.
2. Samakan Pesan dan Tawaran
Penting untuk memastikan bahwa pesan dan tawaran Anda konsisten di semua platform pemasaran. Pesan dalam iklan cetak harus mencerminkan pesan yang sama dalam iklan media sosial atau iklan PPC. Cara ini akan memudahkan audiens dalam mengenali merek Anda dan menunjukkan bahwa Anda adalah bisnis yang konsisten dan dapat dipercaya.
Sebagai contoh, jika Anda memiliki kampanye pemasaran untuk produk kesehatan alami, pastikan pesan keselamatan dan keunggulan produk tersebut sama di iklan radio dan iklan Facebook Anda.
3. Gunakan QR Code
QR code (Quick Response code) adalah alat yang sangat efektif untuk menghubungkan pemasaran digital dan non-digital. Anda dapat mencetak QR code di iklan cetak yang akan mengarahkan pembaca langsung ke situs web atau halaman media sosial. Dengan cara ini membuat perpindahan dari dunia non-digital ke digital jadi lebih praktis.
4. Kampanye Cross-Promosi
Gunakan media non-digital Anda untuk mempromosikan konten digital Anda. Misalnya, jika Anda memiliki iklan billboard yang terlihat oleh ribuan orang pada setiap harinya, Anda bisa memanfaatkan ruang di billboard tersebut untuk mempromosikan kontes media sosial Anda atau hal-hal sejenis lainnya.
5. Gunakan Media Non-Digital untuk Meningkatkan Kesadaran
Sementara pemasaran non-digital mungkin kurang efisien dalam melacak hasil konversi iklan, Anda dapat menggabungkannya dengan media sosial dan iklan digital untuk meningkatkan kesadaran merek.
Misalnya, iklan cetak di majalah bergengsi dapat diikuti dengan syarat harus memposting media sosial yang mengacu pada iklan cetak tersebut.
Baca juga: Manfaat Iklan Videotron dan Cara Kerjanya
Contoh Penggunaan Media Pemasaran Reklame/Billboard
Bisnis Jasa Servis Mobil
Sebagai contoh, kita akan menggunakan studi kasus bisnis jasa servis mobil dalam menggabungkan strategi pemasaran digital dan non-digital. Upaya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
- Billboard
Bisnis ini dapat memasang iklan billboard di lokasi-lokasi strategis yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Billboard tersebut dapat dicantumka URL situs web mereka atau QR code yang mengarahkan seseorang ke layanan perbaikan mobil mereka yang tersedia secara online.
- Media Sosial
Bisnis ini bisa membuat postingan di media sosial yang berisi konten menarik tentang tips perawatan mobil. Mereka dapat menggunakan iklan media sosial yang menargetkan pengguna lokal untuk mempromosikan jasa perbaikan mobil.
- Pemasaran Email
Mereka bisa mengirimkan newsletter kepada pelanggan yang datanya tersimpan dengan menawarkan layanan perbaikan mobil dan dapat diklaim secara online.
- Google Ads
Selanjutnya, mereka juga bisa menggunakan iklan Google yang muncul ketika orang mencari “perbaikan mobil” di wilayah mereka. Pastikan iklan tersebut mengarahkan mereka ke situs web atau informasi Google bisnis Anda.
Jasa Pembuatan Mebel
Jika Anda adalah penyedia jasa pembuatan mebel, Anda dapat menggunakan strategi berikut untuk mempromosikan bisnis Anda yang dimulai dari strategi pemasaran digital.
1. Penggunaan Sosial Media
Gunakan platform media sosial untuk membagikan portofolio Anda dan mendemonstrasikan kreativitas Anda dalam menghasilkan produk mebel. Posting konten yang menarik dan informatif tentang berbagai proyek pembuatan mebel dan yang sudah sukses dipasarkan. car ini akan membangun kredibilitas Anda sebagai seorang yang ahli dalam industri ini.
2. Pembuatan Konten
Buat konten yang memberikan wawasan tentang kelebihan dan kulitas produk mebel hasil produksi Anda. Anda dapat membuat artikel blog, infografis, atau video yang menjelaskan bagaimana karakteristik produk mebel yang berkualitas dan sebaliknya. Dengan cara ini secara tidak langsung bisnis Anda mendidik audiens tentang cara membedakan di antara keduanya.
3. Iklan Berbayar
Anda dapat menggunakan iklan berbayar di mesin pencari untuk menargetkan kata kunci yang relevan dengan bisnis mebel ini. Iklan ini akan mendorong produk Anda dikenal lebih luas dan tidak hanya bersegmen konsumen lokal.
4. Billboard/Reklame
Sebagai pelengkapnya, Anda bisa membangun gaya pemasaran yang interaktif dengan cara mengarahkan masyarakat di daerah tertentu untuk mengakses media sosial, yaitu dengan melalui peran billboard sebagaimana cara yang telah dipraktikkan pada contoh sebelumnya.
Dengan kombinasi strategi pemasaran digital dan non-digital, bisnis Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas, membangun kesadaran merek yang ideal, dan mencapai hasil konversi yang maksimal dalam upaya pemasaran bisnis. Dengan menggabungkan kedua strategi ini memungkinkan bisnis Anda untuk memaksimalkan potensi penjualan maupun layanan sehingga mencapai tujuan pemasaran yang lebih besar.
Bagaimana Cara Memulai Penggabungan Teknik Pemasaran?
Lazimnya, setiap bisnis yang berkembang saat ini sudah memiliki akun media sosial, sehingga pemasaran digitalnya sudah ada. Anda hanya perlu menyiapkan strategi pemasaran non digital untuk mendulang promosi jadi lebih potensial. Jika bisnis Anda adalah sekelas perusahaan besar atau di bawahnya, maka media billboard atau reklame bisa menjadi pilihan paling alternatif.
Jika Anda bisa mewujudkan ketersediaan strategi pemasaran non digital tersebut, maka selangkah lagi Anda dapat memaksimalkan peluang pemasaran ke pasar yang jauh lebih luas dari saat ini.
Billboard atau demikian pula dengan reklame diklaim memberikan sumbangsih terhadap konversi iklan yang sangat besar. Itu berarti, penggabungan antara media yang satu ini dengan strategi pemasaran digital yang sudah Anda miliki sebelumnya akan berdampak pada kemampuan dalam berekspansi bisnis.
Segera wujudkan potensi tersebut dengan memesan billboard sebagai media pemasaran bisnis Anda. Jagoanbillboard menyediakan layanan pembuatan media promosi dari berbagai jenis, termasuk salah satunya papan billboard.
Anda bisa mengakses informasi lebih lanjut tentang jasa penyediaan billboard di website ini. Jika ada pertanyaan terkait mekanisme pembuatan hingga jasa pemasangan, silahkan hubungi kami via WhatsApp dengan cara mengklik tombol yang tersedia di sudut kanan bawah layar Anda.